Sebelum memasuki dunia kerja, penting sekali kamu untuk menguasai dua jenis keterampilan yang harus kamu perhatikan yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill mencangkup kemampuan khusus untuk sebuah pekerjaan tertentu. Contohnya seperti desain web, menulis, akuntansi, ataupun programing.
Berbeda dengan soft skill yaitu keterampilan atau kemampuan bersosialisasi dan serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Untuk membantu karirmu lebih melejit, kamu perlu menguasai soft skill di bawah ini !
Komunikasi
Soft skill yang paling penting dalam dunia kerja maupun di aspek kehidupan yaitu skill komunikasi, dimana dengan skill itu kamu akan bertemu dan berkomunikasi dengan rekan kerja seperti atasan, klein, pelanggan, vendor, dan masih banyak lagi. Apabila kamu ingin memiliki skill komunikasi yang bagus, kamu perlu belajar mulai dari :
- Mendengarkan
- Negoisasi
- Presentasi
- Public speaking
- Bersosialisasi
- Komunikasi verbal dan non-verbal
Leadership
Apabila kamu ingin masuk ke dalam dunia kerja dan berkarir di perusahaan-perusahaan besar, maka kamu sangat membutuhkan skill leadership meskipun kamu bukan seorang pimpinan perusahaan maka kamu perlu mempunyai keterampilan ini :
- Manajemen Konflik
- Delegasi
- Membuat Keputusan
- Manajemen
Positive Attitude
Dalam dunia kerja, positive attitude sangat diperlukan di dunia kerja karena kamu akan bertemu sekaligus berinteraksi dengan banyak sifat dan kepribadian yang berbeda beda. Disitulah positive attitude berperan penting karena ia akan berdampak positif pada karir dan sosial antar rekan kerja. Bukan hanya berdampak pada karir akan tetapi berdampak juga pada nama perusahaan.
TeamWork
Kalian pasti pernah melihat atau pernah mendengar istilah Teamwork kan, yapps itu adalah salah satu persyaratan umum di setiap perusahan dan di setiap poster lowongan pekerjaan. Teamwork juga berperan penting disaat kita mau bekerja disebuah perusahaan. Jadi pastikan kamu harus bisa menguasai soft skill ini.
Critical Thinking
Setiap pemimpin perusahaan pasti ingin menginginkan anggotanya yang critical thinking yaitu bisa berpikir kritis dengan berpikir tingkat tinggi yang melebihi sekedar kemampuan mengingat seperti mengambil keputusan dengan bijak berdasarkan fakta yang akurat.
Itulah beberapa soft skill yang harus diterapkan dalam dunia kerja, dengan soft skill yang ada di atas kamu tidak perlu khawatir dengan pekerjaan karena dengan itu orang lain akan menilai diri kamu baik dan bagus dan dalam bekerja.
Mungkin cukup sekian artikel dari saya, apabila kamu ingin mengetahui pengetahuan lainnya di dunia pekerjaan bisa kepoin website kami.